Politikus Ateis di Spanyol Disumpah Jabatan Tanpa Adanya Sentuhan Keagamaan

Politikus Ateis di Spanyol Disumpah Jabatan Tanpa Adanya Sentuhan Keagamaan – Terdapat yang berlainan dari kegiatan inaugurasi Perdana Menteri Spanyol pada Sabtu( 2/ 6) kemarin. Biasanya pengucapan ikrar kedudukan yang dipandu langsung oleh Raja Spanyol itu mengenakan prosesi keagamaan. Tetapi kali ini, semua itu sirna dari di Kastel Zarzuela yang terdapat di dekat Madrid.

Politikus Ateis di Spanyol Disumpah Jabatan Tanpa Adanya Sentuhan Keagamaan

Politikus Ateis di Spanyol Disumpah Jabatan Tanpa Adanya Sentuhan Keagamaan

outcampaign – Pedro Sanchez, Kesatu Menteri terkini yang tersaring mengambil alih Mariano Rojay mengutip ikrar kedudukan buat melindungi konstitusi negeri tanpa Alkitab ataupun salib. Insiden itu jadi yang awal kalinya semenjak tahun 1977 dahulu.

” Aku berkomitmen dengan loyal penuhi kewajiban kedudukan kesatu menteri dengan ketulusan batin batin, dengan ketaatan pada raja, melindungi konstitusi selaku ketentuan negeri yang elementer,” cakap Sanchez dikala mengutip ikrar kedudukan, semacam dikutip The Local Spanyol.

Baca juga : Kaum Ateis Indonesia menemukan tempat menuangkan pikirannya di Dunia Online

Sanchez, pimpinan Partai Pekerja Sosialis Spanyol, merupakan seseorang Ateis. Beliau naik ke tampuk kewenangan dengan memenangkan sokongan di parlemen pada Jumat( 1/ 6) satu hari saat sebelum inaugurasi. Rojay geser dari bangku Kesatu Menteri melalui mosi tidak yakin karena terjebak kasus penggelapan.

Raja Spanyol, Felipe VI nampak tidak sedemikian itu mempermasalahkan agama yang dianut Sanchez. Semenjak naik tahta tahun 2014, Felipe memanglah meringankan ketentuan aturan seremoni inaugurasi. Tercantum simbol- simbol Kekristenan yang saat ini jadi bagian mana suka.

Satu dari 5 orang Spanyol melaporkan percaya dirinya merupakan seseorang Ateis, bagi survey Gallup 2015. Cuma 37 persen orang Spanyol yang melaporkan dirinya sedang berkeyakinan, 35 persen memilah tidak berkeyakinan, serta 20 persen telah percaya memilah ateisme.

Sanchez bawa segudang program pergantian buat Spanyol. Mengambil The Telegraph, dalam deklarasi kampanye Sanchez, tertera akad buat memberhentikan akad antara Spanyol dengan Vatikan yang terangkai semenjak 1979. Akad itu membuat Gereja Kristen menemukan agunan pendanaan dari duit pajak negeri. Biji deklarasi yang lain menginginkan diakhirinya pendanaan negeri buat pengajaran agama di sekolah negara serta lembaga- lembaga semacam yang lain.

Kerangka balik Sanchez yang lain dikenal merupakan mantan pebasket serta seseorang ahli ekonomi. Beliau sempat 2 kali takluk dalam Pemilu 2015 serta 2016, saat sebelum kesimpulannya berhasil di tahun 2018.

Menarik memandang kiprah Sanchez ke depan paling utama janjinya yang hendak melawan penggelapan di negara matador. Tidak hanya itu, pantas dinanti gimana kebijaksanaan Sanchez kepada golongan patriot Basque serta Catalan. Dalam permasalahan Rajoy, 2 golongan ini ikut mensupport mosi tidak yakin. Tetapi, semacam dikutip dari BBC, sedang belum nyata apakah mereka mensupport rezim terkini di dasar Sanchez.

Para Pembangkang Tuhan

Encyclopaedia Britannica menarangkan Ateis dengan cara biasa selaku kritik serta antipati pada agama adikodrati hendak Tuhan ataupun insan kebatinan yang lain. Sebaliknya kamus Oxford mendeskripsikan Ateis selaku orang yang tidak yakin hendak kehadiran Tuhan serta dewa- dewi.

Sanchez tidaklah Ateis awal di era 21 yang sukses mendiami kedudukan besar semacam Kesatu Menteri ataupun Kepala negara.

Di Yunani, dengan kebanyakan masyarakat serta pemerintahannya berkeyakinan Kristen Kolot Timur, Alexis Tsipras yang terkini berumur 40 tahun kala itu dilantik selaku kesatu menteri tanpa mengaitkan seremoni agama pada dini 2015.

Diwartakan iTV, Tsipras sendiri yang memohon supaya seremoni pelantikannya tidak bertabiat relijius karena beliau seseorang Ateis. Walaupun sedemikian itu, begitu juga adat- istiadat yang sudah berjalan bertahun- tahun, Uskup Agung Leronymos senantiasa muncul dalam seremoni inaugurasi. Tidak terdapat bentuk murung yang terpancar dari si Uskup.

Dalam pelantikannya, Tsipras berkomitmen buat melempangkan konstitusi serta berjuang buat keselamatan banyak orang Yunani. Beliau dihadapkan pada tantangan menanggulangi darurat ekonomi hebat yang menyerang Yunani. Kesatu Menteri Yunani awal yang disumpah tanpa buku bersih itu berawal dari Partai Syriza, yang kemenangannya merupakan sekalian kemenangan partai kiri awal semenjak rezim junta tentara Yunani roboh pada 1974.

Lekas sehabis inaugurasi, Tsipras yang telah legal menyandang kedudukan kesatu menteri langsung menghadiri tugu para pejuang yang melawan Nazi di Perang Bumi Kedua serta menaruh karangan bunga. Beliau pula bertekat hendak mengusut permasalahan anggaran pinjaman dari Yunani yang dipaksakan buat membahu para Nazi, diambil dari NPR.

Tidak hanya Sanchez serta Tsipras, sebagian kepala rezim ataupun kepala negeri yang lain sempat dengan cara terbuka membuktikan perilakunya selaku seseorang Ateis walaupun bukan dikala dilantik.

Kroasia memiliki Zoran Milanovic. Dikala berprofesi kesatu menteri rentang waktu 2011 hingga 2016, beliau sempat membikin marah uskup di negara itu pada 2012. Kala itu, Zoran memublikasikan kalau beliau serta barisan menteri non- agama yang lain tidak hendak berangkat ke gereja di hari prei kenegaraan.

Kecaman keras dilemparkan Uskup Vlado Kosic dari Sisak.“ Ini usaha keras mengiklankan ateisme serta anti- Katolik di warga Kroasia.” ucap Kosic merespon kebijaksanaan Zoran.

“ Mereka sepatutnya di gereja bersama dengan banyak orang alim di rezim mereka, sebab mereka merupakan delegasi orang,” imbuh Kosic lagi dikutip dari Balkan Insight.

Selaku seseorang Ateis, tindakan Milanovic ini terkategori lumayan berani. Terlebih bila menilik 90 persen masyarakat Kroasia merupakan pemeluk Kristen. Belum sempat terdapat memo para atasan Kroasia terdahulu yang melemparkan statment sekontroversial Milanovic.

Mantan Kepala negara Perancis Francois Hollande sempat mengatakan kalau dirinya seseorang Ateis pada 2002 dahulu.“ Aku sudah hingga pada kesimpulan yang nyata kalau untuk aku Tuhan tidak terdapat, bukan kebalikannya,” ucapnya pada seseorang wartawan, diambil dari Quartz. Walaupun sedemikian itu, bukan berarti Hollande tidak meluhurkan kehadiran agama. Beliau berterus terang senantiasa meletakkan segan buat seluruh agama.

Gereja Kristen Kolot Timur memimpin kehidupan berkeyakinan Belarusia, suatu negara bagian Soviet. Pada 2012 Belarus Digest memberi tahu mengenai kedukaan para jago agama hendak tergerusnya kekuasaan Gereja Kolot oleh denominasi Kekristenan yang lain semacam Protestan.

Tetapi di bagian lain, orang Belarusia sendiri pada biasanya memanglah tidak alim, merujuk pada survey Gallup 2009. Cuma 27 persen orang Belarusia yang melaporkan kalau agama memainkan kedudukan berarti dalam kehidupan tiap hari mereka. Kepala negara Belarusia sendiri, Alexander Lukashenko, justru mengklaim dirinya seseorang Ateis“ Kolot” pada 2012.

Denmark memiliki Helle Thorning- Schmidt, wanita yang berprofesi kesatu menteri rentang waktu 2011 hingga 2015. Dalam suatu pernyataannya pada alat lokal, Schmidt berterus terang telah tidak sering ke gereja, tidak lagi yakin terdapatnya kehidupan abadi, keamanan, kayangan serta neraka.

Mengutarakan Keimanan

Terdapat banyak kepala rezim ataupun kepala negeri di Eropa yang tidak lagi ragu melaporkan dirinya seseorang Ateis. Di bagian bumi lain, tutur” ateisme” sendiri sedang mengundang stigma.

Di Amerika Sindikat misalnya, yang sepanjang ini belum mempunyai seseorang Kepala negara yang dengan nyata melaporkan dirinya seseorang Ateis. Pew Research mengatakan, sesungguhnya konstitusi AS tidak memuat pantangan seseorang Ateis mendiami kedudukan rezim. Namun dalam sejarahnya, seluruh kepala negara AS berkeyakinan Kristen dengan bermacam berbagai kerangka balik denominasi Kekristenan.

Big Think mengatakan, lebih dari 90 persen badan kongres AS sedang mendaku selaku Kristen. Nyaris tidak terdapat politikus yang dengan cara terbuka mengklaim diri Ateis. Misalnya politikus Jamie Raskin dari Partai Demokrat. Pada 2017 kemudian beliau tersaring jadi badan kongres menggantikan area Maryland. Beliau lebih aman mengenakan sebutan” humanis” ternyata Ateis.

Dipercayai terdapat banyak politikus Ateis di AS yang sedang tertahan oleh pemikiran kebanyakan kalau etiket berawal dari sistem keyakinan. Dengan tutur lain, orang tidak hendak dikira memiliki kompas akhlak bila tidak berkeyakinan.

Walaupun Kristen sedang jadi agama kebanyakan masyarakat AS, jumlah Ateis membuktikan kenaikan. Survei Pew Research tahun 2007 membuktikan kalau 1, 6 persen orang AS melaporkan dirinya Ateis. Persentasenya bertambah di tahun 2014 jadi 3, 1 persen.

Berlainan dengan AS, membahas permasalahan keagamaan di depan khalayak Inggris tidaklah perihal umum. Pada 2013, mantan Kesatu Menteri Inggris Tony Blair sempat menanya pada stafnya apakah beliau wajib meningkatkan perkataan“ Tuhan merahmati Inggris Raya” di akhir ceramah. Stafnya menegaskan kalau Inggris tidaklah Amerika.

Hingga kala mantan Kesatu Menteri Inggris David Cameron kepleset mengatakan kalau Inggris merupakan negeri Kristen, khalayak Britania juga gempar.

Hasil survey terkini yang dikeluarkan British Social Attitudes tahun 2017 membuktikan nyaris 3 dari 4 orang Inggris berumur 18 sampai 24 tahun berterus terang tidak berkeyakinan. Cuma 3 persen orang berusia yang melaporkan selaku bagian dari Gereja Anglikan serta kurang dari 5 persen yang sedang berterus terang Kristen.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
error

Enjoy this blog? Please spread the word :)