Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Atheis Dan Tipe-tipe Atheis

Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Atheis Dan Tipe-tipe Atheis – Mungkin Anda pernah mendengar tentang atheis atau ada orang disekitar Anda yang atheis atau mungkin Anda sendiri adalah seorang atheis? Apa sebenarnya atheis itu? Atheis merupakan keyakinan atau pandangan seseorang yang mana menolak keberadaan tuhan. Orang-orang atheis secara garis besar tidak percaya akan adanya tuhan.

Istilah atheis sendiri berasal dari Bahasa yunani yang mana sebagai sebutan bagi orang-orang yang tidak menganut atau bertentangan dengan suatu kepercayaan atau agama tertentu yang mana sudah diakui dan menjadi patokan seluruh dunia. Sampai saat ini jumlah orang-orang yang mengaku atheis terus bermunculan.

Jika dulu orang-orang atheis dianggap berdosa dan harus dibunuh atau dihukum saat ini para golongan tersebut sudah dianggap dan diyakini keberadaannya khususnya di negara-negara yang bebas seperti amerika serikat dan juga eropa.

Sebetulnya banyak alasan yang menjadikan seseorang menjadi atheis. Adapun alasan yang paling banyak adalah karena keadaan hidup yang serba kekurangan dan menderita, banyak orang yang beragama tetapi melakukan berbagai macam kejahatan, meyakini semua yang ada di dunia dapat dijelaskan secara sains sehingga tidak perlu ada tuhan dan masih banyak lagi. Selain itu banyak juga yang menjadi atheist disebabkan karena keturunan atau lahir dari keluarga yang atheis.

Banyak yang menganggap bahwa adanya alam semesta atau seluruh kejadian yang ada di alam semesta tidak ada sangkut pautnya dengan tuhan. Bahkan banyak sekali ilmuwan yang berpengaruh akhirnya menjadi seorang atheis salah satunya adalah Stephen hawking.

Dasar-dasar pemikiran seorang atheit adalah rasionalisme, naturalisme dan juga humanisme. Selain itu orang yang berpaham atheis antara satu dengan yang lainnya tidaklah sama. Berdasarkan penelitian terdapat sekitar 6 tipe atheis yang ada di dunia.

Seorang peneliti yang bernama Christopher F Silver dan juga Thomas J Coleman yang merupakan menyimpulkan bahwa atheist ini juga bervariasi sama seperti bervariasinya agama yang ada di dunia. Apa saja tipe atheist yang berhasil ditemukan oleh kedua peneliti tersebut? berikut ini penjelasan lengkapnya:
• Atheis atau agnostik intelektual
Kelompok ini didominasi oleh orang-orang yang mempunyai pengetahuan atau ahli dalam bidang ilmu tertentu. Dimana golongan ini mencoba menjelaskan segala macam kejadian yang ada di alam semesta dengan ilmu yang dipelajarinya. Semua konsep ketuhanan dijelaskan dengan keilmuan yang di dalaminya. Dimana kelompok ini sangat banyak dan rata-rata golongan ini adalah para ilmuwan atau akademisi.

• Atheist aktivis
Pada golongan ini rata-rata hidupnya digunakan untuk menolong orang atau cukup hidup dengan berbuat baik kepada sesama dan makhluk. Dimana kebanyakan dari golongan mereka aktif dalam dunia sosial.

• Seeker agnostik
Meskipun tidak percaya dengan agama kelompok ini masih menghargai orang yang beragama dan tidak menentang agama. Sehingga kelompok ini masih dapat hidup berdampingan secara harmonis di tengah orang-orang beragama.

• Anti-theist
Kelompok ini sangat membenci orang beragam dan menganggap agama adalah sumber perpecahan dunia. Dimana pemahaman dari golongan ini adalah kebalikan dari seeker agnostik. Parahnya orang-orang yang berpaham anti atheist menganggap bahwa agama sifatnya merusak dan sebagai sumber kurasakan terbesar.

• Non-theist
Kelompok ini tidak mempercayai adanya tuhan tapi juga tidak mau menanggapi kelompok atheist lainnya. selain itu kelompok ini tidak perduli dengan semua orang yang beragama maupun orang yang anti terhadap agama.

Ritual atheis agnostik

• Ritual atheis agnostik
Tipe terakhir yaitu ritual atheis agnostik, dimana kelompok ini menganggap bahwa tidak ada yang penting dari agama selain ritualnya. Dimana yang mereka butuhkan hanyalah ritual dalam agama bukan yang lain seperti ikut serta dalam perayaan natal dan juga upacara keagamaan.
Demikian itu adalah ulasan lengkap tentang atheis dan juga tipe-tipe atheis semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
error

Enjoy this blog? Please spread the word :)